4 Karakter yang Akan Saya Perankan Andaikan NPC Bisa Dimainkan

 

Gambar hanya pemanis.  Tidak ada hubungannya dengan unggahan kali ini.

Tebak siapa yang seminggu belakangan ini sedang mengalami writer's block dan baru saja melewati (dan akan kembali mengalami) hari-hari penuh emosi yang bercampur aduk serta tubuh yang terasa pegal dan sakit-sakit berkat PMS?  Saya.

Ini cuma selingan intermezzo sedikit karena kebetulan saya akhir-akhir ini sering ngayal nggak jelas.

Bagi angkatan kelahiran 90-an dan 2000-an yang sejak kecil sudah akrab dengan teknologi, bermain gim mungkin menjadi salah satu solusi untuk membuat diri ini rileks.  Tawaran untuk kabur sejenak dari dunia nyata itu sangat menggoda sekali, apalagi kalau kenyataannya kita tinggal di negara dengan situasi politik ruwet seperti sekarang ini.  Memang rasanya lebih enak tinggal di dunia gim yang anti-ribet, pokoknya setiap hari kolom bar HP dan SP saya penuh, hidup bisa terus berjalan….

Sejenak saya pernah merenung, andaikata bisa tinggal dalam dunia gim, saya tidak ingin menjadi sosok player atau pemain.  Ya, saya justru lebih tertarik kepada NPC alias Non-playable character yang biasanya selalu ada di gim.  Nah, andaikata bisa dimainkan, saya ingin mencoba menjadi empat karakter berikut.

 

Inn Owner/Pemilik Penginapan

Di urutan nomor satu, saya selalu ingin jadi pemilik penginapan di desa/kota tempat para player singgah sejenak.  Tokoh NPC ini menarik perhatian saya mungkin dikarenakan sifat saya yang ekstrover.  Bayangkan, saya bisa bertemu dengan macam-macam pemain dari berbagai server dari belahan dunia lain dan mendengarkan cerita petualangan mereka.

Selain sifat ekstrover, sosok pemilik penginapan ini paling cocok kalau dimainkan oleh orang yang love language-nya adalah act of service.  Kalau memang gemar melayani, pasti tindakan menyediakan makanan hangat dan tempat istirahat yang nyaman menjadi sesuatu yang dilakukan dengan senang hati.  

Poin plus dari tokoh ini adalah pengunjung yang akan selalu ada.  Iya, tidak ada yang namanya penurunan pengunjung akibat pandemi atau industri pariwisata yang melemah.  Pemain pasti akan selalu mampir ke penginapan untuk memulihkan nyawa/health point mereka.  Kalau jadi pemilik penginapan, paling yang harus saya pikirkan adalah dekorasi interior dan rencana untuk membuka cabang penginapan baru di kota sebelah.

 

Blacksmith/pandai besi

Umumnya digambarkan di gim sebagai pria berotot yang memegang palu besi, pekerjaan pandai besi ini juga menarik karena berhubungan dengan membuat suatu karya.  Kalau suka menciptakan barang, tokoh ini adalah tokoh yang paling cocok untuk dimainkan.  Mulai dari senjata, perisai, baju perang, sampai benda-benda tidak penting (yang kadang sering dibutuhkan untuk side mission) bisa dibuat oleh pandai besi.

Memang, kesannya memainkan peran ini pasti lelah dan panas karena kerap kali harus bekerja di bengkel dengan perapian atau peralatan las.  Tenaga fisik pun harus dipakai untuk menempa dan membentuk barang-barang tersebut.  Buat orang yang gemar olahraga, menurut saya sih tidak masalah karena bisa membuat badan berotot dan kuat juga, hehehe.  Poin plusnya lagi, pandai besi tinggal meminta para pemain untuk mengumpulkan kombinasi barang-barang saja, dari yang normal sampai yang aneh bin ajaib sekalian.  Alias tugas kita memang cuma menyediakan jasa untuk membuatkan barang, pelanggan silakan datang sendiri dengan membawa bahan-bahannya.

 

Farmer/petani

Peran ini menurut saya adalah peran paling realistis yang bahkan bisa dikerjakan di dunia nyata.  Tugas kita berfokus pada berkebun dan merawat tanaman, terkadang ada juga yang harus sambil mengurus peternakan hewan juga.  Intinya menjalani mimpi sebagai tokoh di Harvest Moon deh, hehehe.  Jika suka dengan rutinitas, jadi petani memang paling enak karena waktu tumbuh tanaman biasanya selalu konstan.  Kalau sudah waktunya panen, ya tinggal panen saja lalu pergi ke pasar untuk menjual hasil kebun.

Enaknya, bahan pangan untuk kebutuhan pribadi tinggal petik saja secara langsung dari kebun pribadi.  Selain itu, tantangan nyata seperti sengketa tanah dan musim tak menentu tidak ada di dalam gim.

 

Mayor/walikota

Tokoh NPC terakhir di daftar ini adalah peran pejabat yang biasanya selalu ada di gim: walikota.  Sebagai tokoh yang dihormati dan disanjung tinggi oleh seluruh NPC dan pemain, menurut saya tugas ini kurang menantang dibandingkan tokoh NPC lainnya.  Pasalnya, setiap walikota yang saya temui di berbagai gim biasanya hanya menganggur dan cuma jadi tempat bagi para pemain untuk minta misi/quest saja.

Setiap hari pekerjaannya ialah berjalan-jalan di sekitar kota.  Mungkin salah satu skill yang dibutuhkan untuk mengemban tugas ini adalah berjalan cepat, karena sebagai wali kota, kita harus membuat para pemain berkeliling ke seluruh sudut kota untuk menemukan kita ketika sedang dibutuhkan.  Oh ya satu lagi, menjadi walikota bisa menjadi pekerjaan yang memuaskan kalau kamu tipe orang yang gemar bergosip.  Walikota gitu loh, biasanya sosok NPC ini selalu tahu setiap desas-desus dan berita hot yang berseliweran di antara penduduk kotanya.

Mungkin list barusan ini tidak terlalu ada manfaatnya apalagi bagi para pemain gim, toh namanya NPC ya tidak ditakdirkan untuk bisa dimainkan.  Ini cuma tulisan angan-angan saja.  Pada akhirnya, kita semua adalah pemain sekaligus tokoh utama dalam gim yang bernama ‘kehidupan’ ini….

Komentar

  1. Balasan
    1. Wah, iya juga ya, gak kepikiran! Ini NPC yang biasanya kalau di awal atau di tengah-tengah suka kasih tutorial atau ngasih tau plot cerita kan ya? Wkwkwkwk wah iya boleh juga nih, cuma mungkin nanti saya bisa sakit hati kalo player lebih pilih nge-skip dialog saya gara-gara males dengerin penjelasan plot ceritanya :")

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posts